Laman

selamat datang

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU DI KOTA SURABAYA TAHUN 2018

Sabtu, 11 Juni 2016

PETUNJUK PELAKSANA KKM UWP 2016

PETUNJUK SINGKAT
PELAKSANAAN KKM 2016


A. TEMA KKM
Berpikir dan bekerja bersama masyarakat, menumbuh-kembangkan kewirausahaan dan industri kreatif untuk kesejahteraan

B. ORIENTASI KEGIATAN KKM
Pada upaya-upaya untuk menumbuh-kembangkan dan memperkuat kapasitas ekonomi masyarakat, baik secara kelompok maupun individual, dalam rangka mendukung upaya meningkatkan kesejahteraan. :
a.   skill (ketrampilan) dan produktivitas
b.   manajerial dan kelembagaan sosial

C. PENDEKATAN KEGIATAN KKM
1.  mahasiswa tidak lagi bekerja untuk masyarakat, tetapi berkerja bersama masyarakat untuk mengenali masalah sosial masyarakat yang bersangkutan dan menyelesaikan masalah sosial yang berkembang di masyarakat;
2.  mahasiswa tidak memberi masyarakat, tetapi menstimuli masyarakat dan bersama masyarakat menggali potensi masyarakat yang bersangkutan dan mengembangkannya menjadi usaha produktif yang bernilai ekonomis;
3.  keberadaan mahasiswa di tengah masyarakat sebagai motivator dan mitra masyarakat warga masyarakat dalam menumbuh kembangkan dan memperkuat usaha mandiri, memperkuat, serta memperkuat kelembagaan sosial.
4.  Pelaksanaan kegiatan dalam bentuk PENDAMPINGAN kepada kelompok sasaran


D. LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN KKM
1.    Lokasi pelaksanaan KKM
Lokasi
Kelompok
DPL
Kecamatan Pakal

Kelurahan Sumber rejo

·       
Kelurahan Benowo

·       
Kelurahan Pakal

·       
Kelurahan Babat Jerawat

·       
Kecamatan Benowo

Kelurahan Sememi

·       
Kelurahan Kandangan

·       

2.    Pembukaan/pelepasan hari Jum’at, tanggal 29 April 2015 di kampus 1 Universitas Wijaya Putra, Jl. Raya Benowo 1 – 3 Surabaya
3.    Pelaksanaan kegiatan KKM mulai tanggal 30 April s/d 29 Mei 2016.
4.    Sebelum tanggal pelaksanaan tersebut setiap kelompok melakukan survey pendahuluan.
5.    Hari pelaskanaan kegiatan KKM (yang distandarkan adalah) hari Sabtu dan Minggu, selama 5 pekan (sesuai no. 2). Diluar hari tersebut diperbolehkan sesuai dengan kesepakatan kelompok dan masyarakat sasaran.


E. PROGRAM KEGIATAN KKM
Dalam paparan berikut merupakan program utama yang harus ada pada setiap kelompok. Apabila masing-masing kelompok memiliki program tambahan di luar program utama diperbolehkan dimasukan pada rencana kegiatan kerja kelompok.

1. Pembinaan Manajemen UMKM
a. Deskripsi
Kegiatan mengenalkan dan menjelaskan prinsip-prinsip manajemen bisnis agar para pelaku UMKM memiliki pengetahuan tentang manajemen bisnis, serta pada bagaimana aplikasinya dalam pengelolaan UMKM. Selain itu dikenalkan dan dijelaskan pula tentang karakter dan mekanisme pasar, serta bagimana mengenali dan memilih antara berkompetisi atau berkolaborasi.

b. Sasaran
(1) Para pelaku UMKM, baik kelompok maupun perorangan
(2) Para pengurus dan anggota kelembagaan sosial/kelompok swadaya masyarakat yang akan menjadi perintis social preneur

c. Luaran Yang Diharapkan
(1) Bertambahnya pengetahuan tentang manajemen bisnis sasaran
(2) Tumbuh kembangnya kemampuan manajerial pelaku UMKM dalam mengelola usaha
(3)  Adanya perbaikan dalam manajemen usaha, menjadi semakin efisien dan efektif dalam keseluruhan proses usahanya

d. Cakupan Materi Pembinaan
(1) Prinsip-prinsip umum manajemen dan jejaring kerjasama
(2) Pengelolaan UMKM dan Perencanaan usaha
(3) Manajemen keuangan sederhana
(4) Manajemen pemasaran

2. Pembinaan Akuntansi Sederhana untuk UMKM
a. Deskripsi
Diperlukannya upaya menjelaskan akan arti penting dan manfaat dari pencatatan semua transaksi dalam aktivitas usaha, karena masih banyak pelaku UMKM yang belum memahaminya. Kegiatan bidang diarahkan agar para pelaku UMKM dan pengelola socialprenenur memiliki pengetahuan tentang akuntansi sederhana danbagaimana aplikasinya dalam pengelolaan UMKM. Selain itu ditumbuhkan pula kesadaran dan kemauan pelaku UMKM untuk secara rutin melakukan pencatatan transaksi (sekecil apapun)serta kemudian mampu melakukan kontrol terhadap arus keluar-masuknya kas, dan perhitungan rugi-laba dalam usahanya.

b. Sasaran
(1) Para pelaku UMKM, baik kelompok maupun perorangan
(2) Para pengurus dan anggota kelembagaan sosial/kelompok swadaya masyarakat yang akan menjadi perintis social preneur

c. Luaran Yang Diharapkan
(1) Bertambahnya pengetahuan tentang akuntansi sederhana
(2) Tumbuh kembangnya kemampuan dan kesadaran pelaku UMKM dalam melakukan pencatatan transaksi

d. Cakupan Materi Pembinaan
(1) Prinsip-prinsip umum akuntansi keuangan dan akuntansi sederhana
(2) Mekanisme pencatatan transaksi
(3) Perhitungan rugi-laba waktu berjalan dan akhir periode*)
(4) Analisis transaksi dan pengendalian keuangan (bila memungkinkan)
3. Pembinaan Kewirausahaan Sosial (Social-Preneur)
a. Deskripsi
Pembinaan kepada masyarakat dalam rangka menumbuhkan motivasi diri untuk melakukan usaha mandiri, maupun usaha bersama melalui kelompok dan kelembagaan sosial masyarakat terutama PKK. Menumbuhkan kesadaran setiap orang memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan. Pembinaan social-preneur mengarahkan masyarakat memiliki usaha kelompok dan untuk mengurangi beban ekonomi melalui pemenuhan sebagian produk kebutuhan rumahtangga secara mandiri.
b. Sasaran
(1)  Ibu-ibu rumah tangga anggota PKK
(2)  Kelompok/organisasi pemuda
(3)  Warga masyarakat lainnya yang berminat
c. Luaran Yang Diharapkan
(1)  Tumbuh-kembangnya kesadaran dan motivasi kelompok sasaran untuk mengembangkan wirausaha secara bersama melalui kegiatan dan kelembagaan sosial yang sudah ada (terutama PKK)
(2)  Kemampuan mengelola usaha bersama melalui kelompok sosial, guna kemandirian dan mengurangi beban ekonomi
(3)  Tumbuh-kembangnya kemauan mengenali kondisi lingkunya dan kreativitas usaha
d. Cakupan Materi Pelatihan
(1)  Motivasi wirausaha serta pengenalan potensi dan peluang usaha
(2)  Ketrampilan pembuatan produk (sesuai potensi dan minat)
(3)  Manajemen dan akuntansi sederhana untuk UMKM

4. Desain Produk dan Industri Kreatif
a. Deskripsi
Pelatihan untuk memberikan stimuli kreativitas dan aktualisasi imajinasi untuk membuat dan/atau mengembangkan desain suatu produk tertentu, baik berupa pola, bentuk dan lainnya dari suatu produk barang. Kreativitas desain produk mencakup desain untuk barang yang akan diproduksi, maupun desain untuk memberi nilai lebih terhadap barang yang sudah diproduksi.

b. Sasaran
(1) Para pelaku UMKM, baik kelompok maupun perorangan
(2) Para anggota PKK yang akan menjadi perintis social preneur
(3) Warga masyarakat lainnya yang berminat

c.Luaran Yang Diharapkan
(1)  Tumbuh-kembangnya kreativitas dan kemampuan memvisualisasikan imajinasi untuk memperbaharui desain dan/atau membuat desain baru atas sesuatu produk;
(2)  Munculnya inovasi dan pembaharuan desain produk, yang memiliki karakter dan ciri kekhususan yang akan menjadi brand image suatu produk;
(3)  Meningkatnya kuantitas dan difersifikasi desain produk yang diimbangi dengan kualitas desain;
(4)  Adanya pengembangan dalam memberi nilai tambah produk yang dihasilkan, sebagai bahan untuk produk baru lebih lanjut;
(5)  Bagi selain pelaku UMKM, adalah menumbuhkan kemampuan skill yang dapat dimanfaatkan menjadi peluang usaha desain produk, maupun menjadi tenaga kerja desainer pada usaha tertentu

5. Pembinaan Kesadaran Hukum
a. Deskripsi
Merupakan kegiatan penyuluhan tentang pengetahuan tentang aspek hukum dalam bisnis dan perlunya perlindungan hukum dalam bisnis. Penyluhan ini diarahkan untuk memberikan pemahaman sasaran, para pelaku UMKM, terhadap arti penting Intelectual Property Right (IPR = Hak Kekayaan Intelektual = HKI), dan perlunya perlindungan hukum atas produk yang dihasilkan.
b. Sasaran
(1)  para pelaku atau pengelola usaha mandiri (UMKM) yang mengahsilkan produk barang
(2)  Pengurus dan anggota kelembagaan sosial dan KSM yang mengelola (hendak mengelola) produk social prenenur
(3)  tokoh masyarakat yang berpengaruh

c. Luaran Yang diharapkan
(1)  Pengetahuan tentang HKI dan perlindungan hukum dalam bisnis
(2)  Kesadaran menghargai hak orang lain dan motivasi  untuk melindungi usaha dan produk serta dan motivasi untuk mengurus HKI

d. Cakupan Materi Penyuluhan
(1)  Konsep HKI, hak dan kewajiban pemilik HKI
(2)  cakupan HKI pada UMKM
(3)  Pengurusan HKI

6. Pembinaan Penggunaan Internet Positif
a. Deskripsi
Guna mendukung pemanfaatan internet secara positif oleh masyarakat, dalam KKM juga akan diberikan pembinaan dan pendampingan, tentang bagaimana pemanfaatan internet secara positif, sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok/lapisan masyarakat. Program pembinaan dan pendampinagan pemanfaatan internet, mengarahkan masyarakat agar mampu memanfaatkan internet untuk kegiatan dan tujuan positif dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupannya.
b. Sasaran& materi
1) Orang tua &/anggota PKK
a) Internet parental control
b) Bisnis secara on line
2) Pelaku UMKM
a) pemasaran on line
b) pelacakan informasi & komparasi produk
1)    Pemuda/pelajar
a) Internet untuk pendidikan
b) Pelacakan buku dan sumber bahan pelajaran
c) akses fasilitas BSE dan rumah belajar

c. Luaran Yang Diharapkan
(1)  Pengetahuan dan tumbuh kembangnya kesadaran masyarakat memanfaatkan internet sesuai kebutuhan dan peruntukan
(2)  Makin memasyarakatnya pemanfaatan internet untuk pendidikan bagi kalangan pelajar

7. Pembinaan pengelolaan Monografi Kelurahan
a. Deskripsi
Kegiatan bidang berupa penyuluhan, pemberian skill dan pendampingan dalam pengumpulan dan pengolahan data (pulahta) monografi Kelurahan. Bahwa pulahta monografi kelurahan bertolah dan dimulai dari data-data pada tingkat RT dan RW. Karena itu yang diperlukan pengembangan dan perkuatan data monografi pada taraf awal adalah pada tingkat RW. Karena itu penyuluhan, pemberian skill dan pendampingan dalam pengumpulan dan pengolahan data (pulahta) monografi. Pelatihan yang perlu diberikan adalah pelatihan olah data statistik deskriptif non parametrik.

b. Sasaran
(1) Pengurus RT dan RW
(2) Tokoh masyarakat atau tokoh muda aktivis RW / kartar


F. PENGORGANISASIAN
Setiap kelompok KKM mengorganisasikan kelompoknya masing-masing, yang terdiri dari :
a.   Ketua kelompok  
b.   Wakil Ketua
c.    Sekretaris
d.   Wakil Sekretaris        boleh dengan wakil (sesuai kebutuhan)
e.   Bendahara
f.     Wakil Bendahara
g.    Tim kerja:
1)    Manajemen untuk UMKM
2)    Akuntansi sederhana untuk UMKM
3)    Sosial Preneur
4)    Desain produk dan Industri Kreatif
5)    Penyuluhan Kesadaran Hukum dan HaKI
6)    Internet Positif
7)    Pembinaan Monografi
Pada setiap Tim Kerja, terdiri dari 1 orang Ketua, 1 orang Sekretaris , dan para anggota Tim Kerja


G. PERENCANAAN KEGIATAN
Setiap kelompok menyusun/membuat program kerja, yang dimulai dari program kerja masing-masing bidang kegiatan Tim Kerja. Rencana kerja Tim Kerja/ Kelompok mencerminkan jenjang tahapan kegiatan pendampingan kepada kelompok sasaran dari masing-masing bidang kegiatan, dari pekan ke 1 s/d ke 4.
Adapun format rencana kerja sebagaimana dalam form terlampir.


RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN  KULIAH KERJA MAHASISWA TAHUN 2014

BIDANG KEGIATAN
:

KELOMPOK 
:

KELOMPOK SASARAN
:

LOKASI
:

TUJUAN
:




CAPAIAN AKHIR
:





Mg Ke
Materi Pembinaan/Pendampingan
Target Capaian
Keterangan
1
a.       .......
b.      ........, dst.


2



3



4






Surabaya,
Ketua Kelompok
Ketua Tim Kerja

Nama
NMP

Nama
NPM




*)Konteks “akhir periode” yang dimaksudkan mengikuti durasi yang menjadi standar pelaku UMKM yang bersangkutan (bukan standar tahun takwin), dalam hal ini bisa periode mingguan atau bulanan. Mengingat dalam penglolaan UMKM, satuan durasi waktu pelaku penglolaan usaha dan dalam perhitungan rugi-laba dan perputaran modal lebih banyak dalam jangka pendek.
 

KKM UWP 2016

SUSUNAN ORGANISASI DAN TIM KERJA
KELOMPOK KERJA KKM 2016
STRUKTUR KELOMPOK 6


Jabatan
Nama lengkap
NPM
Pimpinan Harian Kelompok Kerja KKM  :
Ketua Kelompok
: BAMBANG,PRIYONO

13141021
Wakil Ketua Kelompok
:


Sekretaris
:


Wakil Sekretaris
:


Bendahara
:


Wakil Bendahara
:






Tim Kerja Kelompok Kerja KKM :
1. Tim Kerja Pembinaan Manajemen UMKM
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










2. Tim Kerja Pembinaan Akuntansi UMKM
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










3. Tim Kerja Pembinaan Sosial Preneur
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










4. Tim Kerja Pembinaan Sadar Hukum dan HaKI
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1) FAJAR ADIYANTO
13120029


2) YEMINUS KOGOYA
13120079









5. Tim Kerja Pembinaan Desain Produk dan Industri Kreatif
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










6. Tim Kerja Pembinaan Pemanfaatan Internet Positif
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










7. Tim Kerja Pembinaan Administrasi Kependudukan
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










8. Tim Kerja Pembinaan Bunda PAUD*)
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)










9. Tim Survey Kelompok Kerja**)
    Ketua Tim Kerja
:


    Anggota
:
1)



2)






Catatan :
Jumlah anggota Tim Kerja menyesuaikan dengan kebutuhan. Pengurus Harian diperbolehkan merangkap menjadi anggota tim kerja

 *) Kegiatan Pembinaan Bunda PAUD dilaksanakan secara terpusat pada setiap kecamatan dan merupakan kerjsama antar kelompok kerja KKM

**) Tim Survey merupakan tim yang ditugaskan untuk melakukan survey dan pemetaan kelompok sasaran di lokasi KKM masing-masing, sebelum pelaksanaan KKM
      Hasil survey merupakan bahan untuk menyusun program kegiatan bagi setiap Tim Kerja dan Kelompok Kerja secara keseluruhan.

      Anggota tim survey terdiri dari unsur pimpinan harian dan perwakilan dari setiap tim kerja dalam kelompok.