Laman

selamat datang

SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU DI KOTA SURABAYA TAHUN 2018

Sabtu, 11 Juni 2016

DIKLAT MENWA UWP SURABAYA

Diklat Resimen Mahasiswa satuan 831 universitas wijaya putra surabaya
Apa yang Anda pikirkan saat Anda melihat foto diatas? Pendidikan TNI? Keras? Kejam? Ayo, ikuti ceritanya.. Bicara soal gambar diatas, itu adalah salah satu kegiatan diklat UKM Menwa Universitas Wijaya Putra. Apa sih Menwa itu? Menwa atau kependekan dari resimen mahasiswa merupakan kegiatan yang berbasis semi militer dibawah naungan tentara angkatan darat, tepatnya dikantor skomen kodam Brawijaya. Secara formal menwa sebagai wadah, yang merupakan pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya membela negara dan penguatan ketahanan nasional, dan sebagai organisasi yang merupakan pusat aktivitas anggota resimen mahasiswa indonesia yang terdiri dari tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/ kota, serta perguruan tinggi. Setiap tahun bertugas mengamankan proses wisuda dan ada juga kegiatan gradi seperti HUT JATIM dan Hari Pahlawan.
Diklat ke-5 menwa ini dilaksanakan di Pacet Mojokerto mulai hari Jumat tanggal 06 November 2015 sampai hari Minggu 08 November 2015 dan diikuti oleh 13 orang peserta. Sebelum diklat ini dilaksanakan, peserta wajib mengikuti seleksi yakni serangkaian tes fisik.
Diklat ini memiliki tema membentuk mental berdisiplin dalam wujud bela negara, pendidikan, dan kesehatan jasmani dan rohani. Harapan kedepannya menwa menjadi lebih baik dalam artian baik dari segi ilmu pengetahuan, disiplin, berdedikasi yang tinggi, mental yang kuat, loyalitan dalam organisasi, memiliki keberanian dan percaya diri. “Diklat kami memang tidak sama seperti diklat ukm lainnya, karena diklat kami benar-benar membutuhkan perjuangan mulai dari tenaga, pemikiran, kerja keras, dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. Kami tidak hanya diajari PBB, jalan jongkok, push up, dan tiarap. Tetapi kami diajarkan untuk memiliki solidaritas yang tinggi, memiliki mental yang kuat dan bersatu dengan alam”, ujar Reni salah satu peserta.





Tidak ada komentar: